Senin, 14 Desember 2009

Mengenal MYOB

MYOB (Minding Your Own Business) merupakan suatu program aplikasi yang digunakan untuk mengubah data akuntansi secara terkomputerisasi sampai menjadi suatu bentuk laporan keuangan yang akurat. Penggunaan aplikasi MYOB itu sendiri banyak diminati karena pengoperasiannya yang mudah, bisa di-install pada komputer dengan persyaratan minimum, dan sebagainya.

Dengan MYOB,
laporan keuangan menjadi lebih lengkap, jelas, dan akurat. Karena laporan - laporan tersebut disajikan dengan divisi (category), klasifikasi (job), dan secara keseluruhan.

Inilah beberapa keunggulan atau kelebihan dari MYOB sebagai berikut:
1. Penggunaan yang relatif mudah
2. Cukup diandalkan pengelolaan informasinya
3. Dapat dikuasai dengan cepat
4. Nilai investasi yang relatif murah
5. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat
6. proses instalasi dan maintenance yang murah
7. Departmentalisasi

Ini juga beberapa Kelemahan dari MYOB sebagai berikut:
1. Kelemahan Multi Warehouse
2. Database MYOB terkunci, jadi tidak dapat melakukan perubahan - perubahan di dalamnya
3. MYOB adalah software luar jadi tidak ada fitur perpajakan di dalamnya

Didalam MYOB, ada enam fitur utama yang digunakan pada command centre MYOB yaitu: Accounts, Banking, Sales, Purchases, Inventory, dan Card File, disamping fitur - fitur yang terletak pada menu baris.

Keterangannya bisa kita lihat sebagai berikut:
Accounts: Digunakan untuk menyiapkan  daftar akun, transfer uang, penyesuaian, dan transaksi - transaksi yang tidak ada pada fitur - fitur lainnya, dan sebagainya.

Banking: Digunakan untuk transaksi penerimaan dan pengeluaran tunai, pecatatan penerimaan dan pengeluaran untuk kas kecil, rekonsiliasi akun - akun, menyiapkan setoran bank, dan sebagainya.

Sales: Digunakan untuk transaksi - transaksi penjualan kredit, penjualan dengan uang muka, penggantian status penjualan, penerimaan atas penjualan kredit terdahulu, penjualan tunai atas barang / jasa yang ada pada Daftar Item, maupun untuk mencatatan piutang tak tertagih.

Purchases: Digunakan untuk transaksi - transaksi pembelian kredit, pembelian dengan uang muka, penggantian status pembelian, pembayaran atas pembelian kredit terdahulu serta penjualan tunai atas barang / jasa yang ada pada Daftar Item, dan sebagainya.

Inventory: Digunakan untuk mencatat persediaan barang / jasa, penyesuaian harga jual, transaksi penyesuaian, transfer persediaan, perhitungan persediaan, pada akhi periode serta merakit persediaan, dan sebagainya.

Card File: Digunakan untuk menyiapkan kartu - kartu pelanggan, kartu pemasok, kartu karyawan, dan kartu pribadi, penundaan pemberian kredit maupun kontrol kredit lainnya, menyiapkan surat bisnis, dan lain - lain.


sumber: www.anneahira.com ; mtsyaspika.blogspot.com ; Panduan Laporan Keuangan dengan MYOB, Asroel Kamal.

2 komentar:

  1. jgn kopi paste aja gan.

    edit dikit biar ada ciri dari lu sendiri

    BalasHapus
  2. @roby: jeh...tu gw minta dari 3 sumber n tu da gw edit cui..

    coba liat dolo..gk ad yg kaya gw!!
    haahahahahaa.....

    BalasHapus